BERITA TEKNOLOGI : Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko, apalagi pekerjaan yang berhubungan dengan nyawa. Misalnya, pemadam kebakaran. Jika salah mengambil keputusan, nyawa menjadi taruhannya.

Hal tersebut justru menginspirasi para peneliti dari Oregon State University, Amerika Serikat, untuk mengembangkan sebuah robot tangguh.

Tim peneliti ingin mewujudkan robot yang dapat bergerak secara fleksibel, tetapi efisien seperti tubuh binatang. Dengan begitu, robot bisa menghadapi segala situasi dan tetap energik layaknya manusia.

Hal inilah yang diterapkan pada Cassie, sebuah robot berkaki dua yang menyerupai burung onta. Desain ini dipilih karena mobilitas sebagian besar robot dirasa masih terbatas. Dengan modelnya yang unik, Casey diklaim sebagai robot yang tangguh.

Hal ini terletak pada komponen di dalam badan Casey. Jika robot biasa akan berhenti berfungsi saat situasi berbahaya, Casey justru akan tetap bertahan di situasi tersebut. Misalnya, Casey masih bisa berfungsi setelah ditendang.

Dengan dukungan dana sebesar US$ 1 juta dari pemerintah AS, para peneliti juga mengembangkan robot berkaki dua lainnya. Nantinya, robot ini digunakan untuk mengirim barang ke daerah yang berbahaya dan sulit dijangkau manusia.
Axact

BERITA TEKNOLOGI

Blog ini membahas Berita Teknologi yang sedang berkembang saat ini, agar kita semua masyarakat Indonesia tidak gagal paham jika ada teknologi terbaru yang sedang trend saat ini, jangan lupa untuk menyebarkan berita teknologi yang ada di blog ini, in shaa Alloh dapat ladang pahala. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: