BERITA TEKNOLOGI : Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko, apalagi pekerjaan yang berhubungan dengan nyawa. Misalnya, pemadam kebakaran. Jika salah mengambil keputusan, nyawa menjadi taruhannya.

Hal tersebut justru menginspirasi para peneliti dari Oregon State University, Amerika Serikat, untuk mengembangkan sebuah robot tangguh.

Tim peneliti ingin mewujudkan robot yang dapat bergerak secara fleksibel, tetapi efisien seperti tubuh binatang. Dengan begitu, robot bisa menghadapi segala situasi dan tetap energik layaknya manusia.

Hal inilah yang diterapkan pada Cassie, sebuah robot berkaki dua yang menyerupai burung onta. Desain ini dipilih karena mobilitas sebagian besar robot dirasa masih terbatas. Dengan modelnya yang unik, Casey diklaim sebagai robot yang tangguh.

Hal ini terletak pada komponen di dalam badan Casey. Jika robot biasa akan berhenti berfungsi saat situasi berbahaya, Casey justru akan tetap bertahan di situasi tersebut. Misalnya, Casey masih bisa berfungsi setelah ditendang.

Dengan dukungan dana sebesar US$ 1 juta dari pemerintah AS, para peneliti juga mengembangkan robot berkaki dua lainnya. Nantinya, robot ini digunakan untuk mengirim barang ke daerah yang berbahaya dan sulit dijangkau manusia.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: