Kaos Distro : Berikut ini cara memilih jenis Sablon /tinta sablon yang tepat bagi proyek kaos anda, manfaatnya, produk anda lebih efisien dan sesuai dengan tipe-tipe pasar di Indonesia.

Anda bisa memulainya dengan :

Target pasar seperti apa yang akan anda kejar?
Kaos apa yang tepat untuk industri anda?
Jenis sablon atau tinta sablon jenis apa yang sesuai dengan kaosnya?

Artikel ini merupakan gabungan jenis sablon kaos yang cocok dengan target pasar yang akan anda capai. proyek anda tidak hanya tertarget sesuai pasar, namun ini juga bisa sedikit menghemat dana anggaran anda.
1. KAOS DAERAH

kaos daerah bandung
SW

Kaos daerah adalah kaos yang mengusung tema-tema :
✔ Budaya
✔ Ciri khas kota
✔ Motto/slogan kota
✔ Isu hangat yang beredar
✔ Sejarah kota
✔ Tempat rekreasi dan lain lain.
Straight Outta Bandung meme
contoh


Target pasar kaos daerah ini tentunya Tourism, Pelancong, Pendatang dari daerah lain.
Alasan Membeli Kaos Daerah

contoh kaos daerah I love Bandung.

Alasan konsumen membeli kaos daerah cukup beragam, ada untuk oleh-oleh untuk saudara, sebagai kenang-kenangan dan juga identitas bahwa pembeli pernah berkunjung ke kota tersebut.

Anda pernah mengalaminya?.

Pada tahun 90-an ada sedikit penyedia kaos daerah di Indonesia, apabila di teliti dengan baik produk kaos daerah pada masa itu, umumnya menggunakan bahan yang tebal seperti kaos cotton combed 20s, kaos cotton kardet 20s dan Cotton CVC.

Jenis Sablon untuk Kaos Daerah

sablon rubber
rubber

Jenis sablon kaos daerah, cenderung menggunakan sablon Rubber dan Pigment, ini karena di tahun 80-90an masih belum banyak penyedia bahan baku jenis-jenis sablon lain di pasaran.

Merujuk pada alasan pembeli, kaos yang cocok untuk kaos daerah :

Kaos dengan ketebalan 20s,

dan jenis sablon/cat yang seimbang, menggunakan sablon Rubber dan Pigment.

Buat pertimbangan anda : Cuaca pada tahun 90an dengan saat ini jauh berbeda, efek pemanasan global sedikit banyak mempengaruhi lingkungan dan gaya hidup, ada baiknya anda cocokan gramasi ketebalan kaos yang sesuai dengan kondisi saat ini, 24s atau 30s cotton combed atau katun kardet, 2 jenis kaos ini cukup seimbang bagi pasar kaos daerah.

Jenis sablon yang pas untuk kategori ini, tinta sablon superwhite, pigment dan rubber. untuk kaosnya combed/kardet 24s atau 30s.

Saat ini ada Cotton Mix, ini juga cocok untuk kaos daerah. handfeelnya lumayan bagus dibanding dengan cotton carded dan katun CVC, juga harganya di bawah harga cotton combed.

Apa di kota anda belum ada penyedia kaos daerah / kaos oleh-oleh? ini dapat menjadi peluang baik anda.
2. KAOS DISTRO

sablon superwhite
SW

Genre kaos distro / Clothing Line cukup banyak di Indonesia, hal genre ini tergantung dari pemilik distro itu sendiri, berikut ini Genre untuk distro yang banyak digandrungi saat ini :
✔ Typography
✔ Font
✔ Logo
✔ Vintage
✔ Music

Target pasar untuk kaos distro : Anak sekolahan SMP/SMU, Mahasiswa, Karyawan kantor dsb.
Alasan Konsumen Membeli Kaos Distro :

Fakta :

✔ Kualitas Kaosnya memang Bagus
✔ Desainnya Menarik
✔ Harganya Rendah/Tinggi Seimbang

Faktor Pengaruh
✔ Gengsi
✔ Pengaruh Teman/sahabat
✔ Ikut-Ikutan
✔ Band Idola-nya memakai brand distro A
✔ Media Social Facebook/Twitter/Instagram
✔ Karena di endorse selebritis idolanya
✔ TV/Youtube
Jenis Sablon yang sesuai untuk Kaos Distro

sablon distro
sw + hd

Jenis sablon untuk kaos distro beragam, namun yang cukup menonjol pada jenis tinta spesial efek : Discharge/cabut warna, superwhite, Flocking, Foil, plastisol, burn out, High density, rubber, glitter Crack, Aspal dan banyak lagi.

Untuk tinta sablon yang sering digunakan untuk kaos distro : Superwhite, Discharge, Plastisol dan Flocking

Untuk kaos dengan Genre distro/clothing line memakai bahan cotton combed 40s 30s, Cotton Slub, Tri-Blends, Cotton Spandex dsb.

Untuk pertimbangan anda, jadikan kualitas produk sebagai pondasi utama bagi brand anda, fakta :
“Apabila anda membeli produk di Toko A, ternyata barangnya bagus dan memuaskan, anda akan membeli kembali di toko A, bahkan anda akan dengan senang hati merekomendasikan produk yang anda beli di toko A pada teman/keluarga/klien anda”

Anda pernah mengalaminya?

Perusahaan yang dahulunya industri rumahan, bisa sukses setelah bertahun-tahun dan menjadi perusahaan Internasional, mereka mengetahui dengan baik prinsip ini, bukan hanya teknik marketing nya yang tepat sasaran, namun kualitas produk kaosnya juga memiliki peranan penting dalam kelangsungan bisnis dan reputasi perusahaan-nya.

Apapun tema proyek distro anda saat ini, pastikan kualitas produknya menggunakan tinta sablon yang tepat plus material kaos terbaik.

3. KAOS KELAS

plastisol
plastisol
Kaos kelas identik dengan nama-nama anggota dan nama kelas/jurusan kelas. tidak ada target yang khusus, kualitas di diskusikan antara member dengan kepala kelasnya, dan diukur dengan anggaran yang di sepakati siswa.

Pada umumnya alasan Siswa mengusulkan untuk membuat kaos kelas untuk kenang-kenangan, Study Banding dan untuk event di sekolah

Untuk kaos kelas menggunakan cat sablon plastisol, sablon plastisol ini benar-benar tahan lama dan awet dalam berbagai kondisi, namun kelemahannya desain pada kaos tidak boleh di setrika, anda bisa menyiasati-nya dengan membalik kaos saat akan di setrika.

Opsi lain selain  plastisol adalah jenis tinta sablon untuk kaos kelas adalah rubber, acuan ini bukan pada kualitas tapi pada biaya yang lebih murah dari jenis sablon/cat plastisol.

Permintaan konsumen mengenai kaos kelas saat ini cenderung ingin sesuai standar kualitas distro, apabila seperti itu anda dapat menggunakan bahan kaos cotton combed 30s dengan cat sablon plastisol atau superwhite.
4. KAOS GATHERING/ KAOS ALUMNI/ FAMILY GATHERING / TOURING / KAOS SUPPORTER

sablon rubber
rubber
Kaos gathering merupakan kaos untuk kegiatan kumpul-kumpul (lagi) bersama dengan para anggota (club/keluarga/organisasi). Tema gathering tergantung tema kegiatannya.

Targetnya para anggota organisasi menggunakan kaos yang sama dalam satu kesatuan, seragam dalam prinsip, idiologi, icon dan persatuan kelompok.

kaos gathering ini juga merupakan identitas bahwa mereka bagian dari komunitas itu sendiri.
Jenis Sablon dan Kaos untuk Kategori Gathering

Jenis sablon untuk kegiatan ini adalah :

✔ Gathering Karyawan/Keluarga sablon Rubber
✔ Alumni Sablon Rubber
✔ Touring / Kaos Motor Sablon Plastisol dan Highdensity
✔ Kaos Supporter (sepakbola) Sablon Plastisol

Dari data yang kami peroleh, untuk jenis kaos yang sesuai untuk kategori ini adalah Cotton Combed dengan ketebalan 24s dan 20s, dengan pola standar ukuran kaos yang lebih besar dari yang biasa.

note: untuk kaos Gathering keluarga dan kaos Alumni, apabila anggaran budget untuk kaosnya minim, anda bisa menggunakan Cotton mix dan juga cotton kardet.
Ringkasan

kaos murah bandung
targeted

Cat atau jenis sablon banyak ragamnya, kondisi ini dikarenakan banyaknya penyedia obat, pengembangan cat yang sesuai dengan jenis desain, permintaan konsumen dan untuk keperluan yang sesuai dengan Genre kaos-nya.

Berikut ini Tinta sablon yang sesuai dengan segment pasar :
✔ Kaos Daerah Material Kaos Cotton Combed 20s/24s jenis sablon yang seimbang Sablon Rubber/Superwhite/Pigment
✔ Kaos Distro Material Kaos CM 40s/30s Cotton Spandex/ Tri-Blends jenis sablon Spesial Efek cukup banyak. yang paling dominan Discharge/Flocking/Superwhite/Plastisol
✔ Kaos Kelas Material Kaos Cotton Combed 24s/30s jenis sablon Rubber/Plastisol
✔ Kaos Komunitas Material Cotton Combed 20s/24s, Jenis sablon Rubber/Plastisol, u/ club motor Plastisol/High Density

Tinta sablon, jenis bahan kaos dan target pasar merupakan kesatuan yang saling berkaitan dalam membentuk produk kaos yang berkualitas sesuai kebutuhan konsumen. ini adalah tugas anda dalam merancang produk kaos yang tepat sesuai kategori yang anda pilih.

Reputasi brand seperti apakah yang akan anda kenalkan pada konsumen anda? apapun itu yang terpenting esensi produk kaos anda berkualitas bagus dan tepat sasaran, dengan begitu anda akan dengan mudah medorong keping domino utama anda..


Tips Memilih Jenis Tinta Sablon Kaos yang Sesuai Pasar
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: