Navigation

Tertarik bisnis kaos distro? Lihat langkah langkahnya disini

Kaos Distro : Sudah banyak informasi mengenai dahsyatnya bisnis kaos distro dan dunia desain baju distro menjadi salah satu bisnis paling berprospek saat ini. Tetapi Anda jangan terburu-buru untuk terjun ke dalam bisnis satu ini.

Jangan sampai sudah terlanjur basah ternyata Anda belum bisa berenang. Meski tampak sederhana, ada beberapa hal spesifik yang harus Anda siapkan dan lakukan dalam memulai bisnis kaos distro ini.

Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan mencoba sharing dengan Anda mengenai bagaimana cara dan langkah-langkah dalam membuka usaha usaha kaos distro. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.

1. Angkat Tema Tertentu

Memasuki bisnis satu ini Anda perlu mengenali salah satu karakter khas dari pasar bisnis distro, yakni perilaku konsumen yang mencari keunikan dan konsep berbeda dari produk pasaran. Jadi untuk menjadi bintang baru dalam bisnis ini Anda harus menemukan tema yang khas dan menjual namun cukup berpotensi untuk Anda jalani.

Di sini Anda bisa memilih banyak tema, mulai dari etnik, sporty, sosial, musik dan masih banyak lagi tema unik yang bisa Anda usung. Pastikan Anda memiliki kompetensi untuk dapat mengembangkan desain berdasar tema tadi dan lebih baik bila Anda juga memiliki calon pasar yang cukup kuat untuk produk dengan tema pilihan Anda.

2. Menentukan Konsep Usaha

Inilah keputusan pertama Anda dalam bisnis ini, yakni memilih antara menjadi reseller atau membuka sendiri produksi kaos distro. Tentunya masing-masing keputusan memiliki kelebihan. Dengan cara reseller atau agen, Anda tidak lagi dipusingkan dengan proses produksi. Tetapi di sini Anda harus memastikan supplier Anda memang produsen kaos distro yang terjamin dari sisi kualitas maupun dalam partnership.

Sedang bila Anda tertarik membuka produksi sendiri Anda harus menyiapkan segala urusan produksi, mulai dari alat, tenaga hingga perlengkapan dan bahan baku. Prosesnya lebih rumit pilihan kedua tetapi dari sisi lain Anda bisa menuangkan keahlian desain dan idealisme Anda dalam kaos buatan Anda sendiri.

3. Menentukan Jalur Penjualan

Di sini Anda harus memilih apakah Anda akan membuka toko offline atau membuka jalur pemasaran online. Apakah Anda memerlukan tenaga reseller atau keagenan, atau Anda lebih suka menjual secara jalur khusus dengan memasuki komunitas tertentu dan menjualnya secara forum tertutup.

Semua ini bergantung pada karakter produk Anda, misalkan bila Anda mengangkat kaos denga tema hardcore, maka memasuki pasar komunitas bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda coba.

4. Persiapkan Keuangan

Dalam memulai usaha Anda jelas membutuhkan modal, tentu saja bila Anda memilih bisnis reseller Anda bisa menekan modal awal lebih rendah dengan sistem dropship. Tetapi bila pilihan Anda adalah produksi sendiri, maka Anda setidaknya harus menyiapkan dana moda kisaran 2 – 10 juta untuk usaha skala kecil, dana ini utamanya untuk menyiapkan peralatan dan mesin-mesin, bahan baku berupa kaos polos dan cat tinta, benang DLL.

5. Melakukan Branding

Pada umumnya pasar dari kaos distro adalah anak muda yang mencari produk kaos yang berbeda dan unik. Sesuatu yang lebih menunjukan personal mereka dari sekedar produk massal yang cenderung universal. Branding Anda di sini bertujuan menunjukan jati diri desain kaos karya Anda, pesan-pesan yang ingin Anda sampaikan atau sekedar kesan yang ingin Anda ciptakan dari rancangan Anda.

Pilihlah merek dengan logo yang anak muda banget dan menggambarkan tema dengan baik. Buat iklan yang memuat pencitraan yang ingin Anda bangun dari produk Anda. Itu sebabnya lakukan dulu riset poin satu untuk menemukan tema yang tepat dengan selera pasar dan style Anda. biasanya ditujukan untuk anak muda, jadi dekatkan branding Anda dengan gaya anak muda.

6. Penentuan Harga

Pada poin ini Anda harus menghitung total biaya produksi dari produk Anda juga ditambahkan dengan biaya lain-lain untuk produk Anda sampai ke tangan konsumen. Dari sini Anda bisa menghitung besar harga yang Anda bandrolkan pada produk.

Harga sendiri adalah bagian dari branding, harga yang murah tentu akan memberi citra yang berbeda dengan harga mahal. Tetapi Anda tetap harus menyesuaikan kualitas produk Anda dengan harga yang Anda pasangkan.

7. Langkah Promosi Produk

Sebenarnya branding juga merupakan dari proses promosi dan pemasaran. Pencitraan yang Anda lakukan akan menjadi salah satu alasan konsumen membeli. Tetapi selain branding, Anda perlu membuat konsep perkenalan produk yang akurat untuk membidik pasar target Anda.

Misalkan dengan mensponsori event, pameran, memasuki komunitas untuk mendapatkan penjualan dari target atau dengan promo harga. Bahkan mengikat kerjasama dengan pihak toko penjual untuk memajang produk Anda di depan saja sudah bisa menjadi cara promosi yang jitu.

Dengan penjelasan di atas, sekarang Anda sudah mulai mendapat gambaran kan bagaimana cara-cara memulai bisnis kaos distro online? Kalau sudah, sudah siapkah Anda memulainya sekarang?
Share
Banner

Muhammad Rizky

Post A Comment:

1 comments:

  1. Kaos Distro : Sudah banyak informasi mengenai dahsyatnya bisnis kaos distro dan dunia desain baju distro menjadi salah satu bisnis paling berprospek saat ini. Tetapi Anda jangan terburu-buru untuk terjun ke dalam bisnis satu ini.

    ReplyDelete