“People would do better, if they knew better” ~ Jim Rohn

Kaos Distro : Sebelum membaca artikel ini ada baiknya, raba dan lihat bagian kerah kaos yang Anda kenakan, sehingga Anda akan lebih mudah menyerap informasi yang akan kami bahas.

Karena bahasan stick merupakan elemen micro dari kaos oblong. dan sering terlewati secara mendetail.

Pada kerah kaos / ribs, ada elemen jahitan kecil yaitu Stick / jahitan pengunci antara ribs dan kaos bagian depan

Fungsi stick (jenis jahitan pada kerah model kaos oblong) untuk

“Mengunci antara bagian ribs/karet dan kaos (bag. depan), sehingga rib tidak mudah melipat, apabila sudah lama di pakai”.

Ini sering terjadi pada kaos yang telah lama di pakai, di bagian rib selalu merintil / ngaplek / belel atau melipat terkadang keluar atau kedalam,

Ini karena kerah dan bagian badan kaos tidak dikunci/stick agar tetap kokoh.

alasan kasus sering melipat juga karena bahan ribs yang digunakan adalah bahan kaos, bukan standar untuk kerah/rib, atau ribs yang digunakan memiliki komposisi katun lebih banyak dibandingkan karet rib pada umumnya.

note: Stick fungsinya tidak hanya mengunci, tapi stick juga merupakan model/gaya/ciri khas/ISO setiap produsen dan pemilik clothing.

Berikut adalah macam-macam stick kaos oblong :

#Tanpa Stick

TANPA STICK
kelebihan jenis ini proses produksi kaos lebih cepat dari yang menggunakan stick,

Kekurangannya seperti yang diceritakan diatas, bagian rib akan mudah melipat (keluar atau kedalam) setelah beberapa kali cuci, dan kadang kasusnya adalah bagian lingkar leher terasa melebar setelah lama dipakai.

Pada gambar sebelah kiri adalah kaos yang blm dipakai, dan yang kanan itu sudah dipakai 2-3thn, kontras sekali kelemahannya bahwa model ini kurang bagus bagi kosumen Anda.

#Stick Overdek

STICK OVERDECK
Kelebihan model stick ini bagian kerah akan awet (tetap berdiri), dan model ini ramai di pasar kaos Indonesia.

Tidak ada kelemahan dibanding dengan yang pertama. karena model ini hanya fokus pada fungsi saja, yaitu mengunci bagian kerah agar kaos kuat dan awet setelah dipakai betahun-tahun.

#Stick jahit kecil

STICK JAHIT KECIL
Kelebihan model ini sama seperti yang ke dua, awet dan memperkuat posisi rib dan bagian kaos.

Perbedaannya model ini lebih simpel dan lebih kecil, dan masuk kategori fungsional dan mode lebih berbeda dari umumnya, model ini merupakan standar kaos oblong yang biasa kami produksi.

Model stick ini kami adopsi dari brand besar N**e.

#Stick Jahit Besar

STICK JAHIT BESAR
Stick jahit besar hampir sama dengan stick jahit kecil, yang membedakan adalah stick jahit besar memiliki 2 fungsi, penguncian dilakukan untuk mengunci bagian dalam (obras), dan fungsi mengunci antara ribs dan badan.

Pada tahun 2012-2013 kami menggunakan standar stick jenis ini, namun seiring waktu kami rubah ke stick no 3 karena model no 3 lebih efisien dan tidak berlebihan,

Untuk melihat jenis stick ini, Anda bisa melihatnya di kaos anak-anak yang ada di pasaran.

#Stick Overdek Kumis

Stick model ini masuk pada fungsi dan mode, kelebihannya, pada bagian leher akan terlihat jahitan kumis/jig-jag.

Kelemahan model ini proses produksi lebih lambat dari ke empat model diatas, dan biaya produksi lebih tinggi dari yang lainnya, diperhitungkan dengan waktu pengerjaan dan konsumsi benang pada kaos.

Meskipun elemen stick kecil namun memiliki fungsi yang cukup vital bagi keawetan kaos terutama bagian kerah, pertimbangkan baik-baik model stick mana yang sesuai dengan standar Anda,

Ya tentu saja Anda bisa memesan model stick yang sesuai dengan keinginan Anda di sini.

Common problem :
kaosnya di stick sih, tapi kok setelah di cuci tetap ngaplek/melipat?

Solution :
Cukup di setrika, posisi ribs akan kembali seperti semula, berbeda dengan yang tanpa stick, problem lipatan akan permanent (lihat gambar ke 1)

Mana yang lebih bagus?

Artikel diatas sudah lengkap beserta kelebihan dan kekurangan dari setiap model stick, menurut kami model no 3. karena simple, efisien, dan rapi.


Ragam Jahitan Detail “Stick” Kerah pada Kaos Oblong

Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: