Anak zaman sekarang mungkin tidak tahu teknologi yang populer sebelum tahun 2000-an. Maklum saja, pesatnya perkembangan teknologi membuat banyak perangkat mutakhir menjadi cepat usang.

Jika ditilik lebih mendalam, sebenarnya banyak perangkat teknologi zaman dahulu yang memiliki banyak manfaat dan kerap menghiasi kehidupan manusia sehari-hari. Mulai dari teknologi yang berhubungan dengan perangkat komputer, audio, telekomunikasi hingga fotografi.

Jika anak zaman sekarang dihadapkan dengan sejumlah perangkat teknologi berikut ini, dijamin mereka akan merasa kebingungan.

Floppy disc

Floppy disc awalnya datang dalam ukuran 8 inci, kemudian menyusut menjadi 3,5 inci. Media penyimpanan digital yang pernah populer pada pertengahan tahun 90-an dan awal 2000-an ini mampu menampung data hingga 1,44 MB. Kemudian pamornya mulai menurun karena kalah dengan compact disc yang mampu menyimpan data hingga 450 kali lebih banyak yaitu 650 MB.

Walkman

Pertama kali dirilis pada tahun 1979, Sony Walkman digembar-gemborkan sebagai revolusi pemutar audio personal. Perangkat ini memiliki bentuk yang cukup kecil sehingga mudah untuk dibawa dan bahkan terlihat bergaya. Meskipun kaset sudah jarang diputar, Sony masih menggunakan merek Walkman untuk produk audionya hingga saat ini.

“ MAU LIHAT LIHAT KOLEKSI KAOS DISTRO KAMI “

Telepon kabel

Sebelum ada perangkat telepon berlayar sentuh, semua navigasi menggunakan tombol. Sebelum itu ada telepon kabel dengan tombol putar, di mana setiap nomor harus diputar menggunakan jari. Anda pun harus menunggu lama untuk mengatur ulang di antara setiap digit.

Mesin tik

Pertama kali ditemukan pada tahun 1860-an, mesin tik memungkinkan Anda untuk mengetik dokumen secara cepat dalam format standar tanpa listrik. Perangkat teknologi ini merevolusi seseorang untuk menjadi penulis profesional. Diasah dan dikembangkan selama lebih dari 100 tahun, mesin tik dirasa tidak cocok untuk dijadikan sebagai pengolah kata dan kemudian posisinya diganti komputer pribadi.

Kamera analog

Kamera dilahirkan sebagai perangkat teknologi yang mampu mengambil gambar secara cepat dan berkualitas. Jika sebelumnya hanya digunakan oleh para fotografer profesional, tapi berkat sistem penangkap digital, kamera kini sudah terintegrasi ke dalam perangkat pintar.

Kaset video

Kaset video hadir dalam banyak format. Jenis kaset video yang paling umum adalah kaset video VHS, yang biasanya memiliki 60, 120 atau 240 menit durasi perekaman. Ada pula Super VHS yang memliki kualitas gambar lebih baik sehingga sangat populer untuk penggunaan camcorder.

Slide projector

Slide projector menawarkan cara berbeda untuk melihat gambar berukuran besar. Slide projector menggunakan sebuah bola lampu yang dikombinasikan dengan susunan lensa. Namun sayangnya, proyektor generasi pertama ini mudah panas.

Walkie talkies

Populer di tahun 80 dan 90-an, walkie talkie memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi lewat suara pada jarak tertentu. Bisa dibilang ini merupakan adopsi mainstream dari smartphone.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: