TeknologiIndustri telekomunikasi terus berkembang setiap waktu. Teknologi telekomunikasi di dunia saat ini memasuki generasi keempat atau biasa dikenal dengan sebutan 4G LTE (Long Term Evolution) yang berfungsi untuk mengoptimasi layanan data.

Perkembangan teknologi telekomunikasi yang dipakai secara luas di masyarakat ternyata memiliki fase. Berdasarkan hasil riset Ericsson, perkembangan teknologi telekomunikasi berubah setiap 10 tahun sekali.

"Teknologi telekomunikasi wireless memiliki circle yang tak disadari berkembang dalam periode tertentu," ujar Hardyana Syintawati, VP Marketing Communications Ericsson Indonesia di Tartine Resto.

Wanita yang akrab disapa Nana itu menjelaskan bahwa perkembangan teknologi telekomunikasi berlangsung selama 10 tahun. Teknologi telekomunikasi nirkabel bermula pada tahun 1980 yang mendukung komunikasi suara.

"Teknologi telekomunikasi GSM untuk telepon di tahun 1980, tahun 1990 lahir GPRS dan EDGE, tahun 2000 lahir 3G yang bisa akses data lebih baik dan di tahun 2010 lahir 4G yang dioptimalisasi untuk layanan data. Targetnya di tahun 2020 akan lahir 5G," ujar Nana.

Layanan teknologi berbasis 4G LTE sekarang ini sedang banyak diaplikasikan di banyak negara di dunia. Indonesia salah satu negara yang tengah berusaha mempersiapkan diri untuk mengaplikasikan 4G LTE pada layanan telekomunikasi secara komersial.

Sedangkan teknologi telekomunikasi generasi berikutnya atau 5G tengah menjadi proyek yang sedang dikembangkan oleh banyak pihak. Ericsson sendiri menjadi salah satu perusahan yang ikut andil dalam mengembangkan teknologi telekomunikasi 5G.
Axact

Muhammad Rizky

Anaknya bapa Eko Santoso, paling rajin, sholat dan ngebantu orang tua..semoga berbakti pada Agama, Negara, Orang Tua Keluarganya .

Post A Comment:

0 comments: