Teknologimemang menawarkan banyak kemudahan bagi manusia. Efektivitas waktu adalah salah satu manfaat kemajuan teknologi. Namun, kemajuan teknologi juga bak pisau bermata dua. Di sisi lain, banyak penyakit yang timbul akibat kemajuan teknologi. Apa saja?

1. Depresi

Sebuah kelompok dokter di Amerika Serikat memperingatkan bahwa para remaja dapat menjadi begitu terobsesi dengan sosial media, baik facebook, twitter, dan yang lainnya. Mereka menyatakan anak-anak yang diabaikan di sosial media akan lebih tertekan dibanding dalam kehidupan nyata. American Academy of Pediatri bahkan memperingatkan risiko kesehatan mental anak yang menjadi korban cyber bullying dan menegaskan bahwa penggunaan beberapa website tertentu dalam jangka panjang dapat memengaruhi pola tidur dan tingkat harga diri.

2. Cedera Regangan

Dulu, buruh pabrik, penjahit, dan musisilah yang paling berisiko mengalami cedera regangan berulang. Namun dewasa ini, pekerja kantor dan orang-orang biasa pun dapat menderita masalah yang sama karena menghabiskan waktu terlalu banyak untuk menggunakan keyboard dan ponsel pintar. Bekerja dengan jari, pergelangan tangan, lengan, dan bahu secara berulang-ulang dapat menyebabkan kerusakan yang tak mampu diperbaiki oleh tubuh dari waktu ke waktu. Istirahat adalah langkah pencegahan yang tepat. Hentikan sejenak bekerja dengan keyboard maupun memainkan smartphone.

3. Hipersensitivitas Gelombang Elektromagnetik

Saat ini, orang-orang dikelilingi oleh komunikasi nirkabel. Dari wi-fi, sinyal telepon seluler, hingga radio melingkupi kita tanpa kita sadari. Bagi sebagian orang, paparan medan elektromagnetik ternyata dapat menimbulkan efek buruk terhadap tubuh. Gejala yang timbul biasanya sakit kepala akut, kulit terbakar, hingga otot berkedut dan nyeri parah. Banyak orang memilih pindah ke tempat yang jauh dan sepi, di mana komunikasi nirkabel dapat dikontrol untuk menghindari masalah.

4. Kecanduan Internet

Psikiater asal Amerika Serikat, Jerald Block, menyatakan jumlah orang yang menderita gangguan klinis akibat kecanduan internet makin meningkat. Kecanduan tersebut bisa karena kecanduan game online, maupun situs pornografi. Banyak psikiater yang merawat pasien menyatakan dunia online telah mengambil alih kehidupan pasien mereka. Pasien mereka kemudian lebih nyaman berada di dunia online dibanding di dunia nyata.

5. Berkurangnya Kualitas Pendengaran

Perangkat-perangkat musik yang semakin canggih ternyata dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Perangkat musik tersebut membuat makin banyak orang yang menggunakan headphone di manapun mereka berada. Yang membuatnya semakin buruk adalah mereka mendengarkan musik dengan volume yang terlalu keras. Dalam jangka waktu yang lama, volume yang terlalu keras dapat merusak pendengaran. Tak heran, saat ini semakin banyak laporan remaja yang mengeluh kualitas pendengaran mereka menurun.
Axact

Muhammad Rizky

Anaknya bapa Eko Santoso, paling rajin, sholat dan ngebantu orang tua..semoga berbakti pada Agama, Negara, Orang Tua Keluarganya .

Post A Comment:

0 comments: