TeknologiTeknologi telah mengubah banyak hal, apa yang mulanya tampak sulit dan tak mungkin kini bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat berkat kehadiran teknologi terbaru.

Semakin maju teknologi, semakin canggih pula perangkat yang bisa dipakai untuk menunjang kehidupan. Smartphone misalnya, kehadirannya selain untuk alat komunikasi juga dimanfaatkan untuk kebutuhan lain.

Tak sedikit pula gadget lawas tergantikan gara-gara kehadiran smartphone. Apa saja? Berikut tiga perangkat yang fungsinya tergantikan oleh smartphone.

1. Game Boy

Game Boy adalah perangkat yang cukup fenomenal di tahun 90-an. Perangkat ini dirilis oleh Nintendo di Jepang pada 1989. Konsol gim ini memasuki Eropa sekitar tahun 1990an.

Game Boy memiliki sebuah LCD kecil dengan teks berwarna abu-abu dengan layar hijau, mirip ponsel Nokia 3310. Seperti perangkat gim handheld serupa lainnya, Game Boy dapat dinyalakan dengan bantuan 4 buat baterai.

Salah satu gim yang ada di Game Boy antara lain Tetris, The Blues Brothers, Super Mario, dan Pokemon. Lambat laun, gim yang ada di Game Boy kini bisa diunduh di smartphone dan pengguna pun melupakan keasyikan perangkat ini.

2. Walkman dan Kaset

Tak semua tahu bahwa Walkman merupakan perangkat pemutar kaset yang dibesut oleh Sony di tahun 1979. Kepopulerannya membuat tiap perangkat pemutar kaset yang muncul di pasaran disebut dengan Walkman.

Kehadiran Walkman dan kaset pun secara perlahan tergantikan oleh CD player, selanjutnya inovasi MP3 Player menggantikan CD Player. Saat ini, smartphone menawarkan berbagai aplikasi pemutar musik dan streaming musik yang semakin marak dipakai oleh pengguna smartphone.

3. Disket

Siapa yang pernah memakai disket untuk menyimpan data? Disket atau floppy disk merupakan penyimpanan data magnetik yang meski lambat dan kapasitas penyimpanannya kecil, sangat populer hingga akhir tahun 90an. Tepatnya saat Apple menghilangkan pembaca disket pada komputernya.

Perangkat ini dirilis pada 1967, mulanya hadir dalam ukuran 8 inci, lambat laun berevolusi menjadi lebih kecil. Disket kemudian digantikan oleh CD dan flash disk (USB stick) yang hingga saat ini masih dipakai. Meski begitu, kehadiran smartphone dan layanan penyimpanan cloud membuat pengguna bisa menyimpan berbagai data dengan lebih aman.
Axact

Muhammad Rizky

Anaknya bapa Eko Santoso, paling rajin, sholat dan ngebantu orang tua..semoga berbakti pada Agama, Negara, Orang Tua Keluarganya .

Post A Comment:

0 comments: