TeknologiKita semua mengetahui bahwa apapun yang ada di dalam film bukanlah suatu kenyataan, karena semua dibuat berdasarkan arahan sutradara dan naskah film yang memang sengaja dibuat untuk menunjang sisi drama film tersebut.

Namun, tahukah Anda? Ternyata beberapa teknologi yang ada di beberapa adegan film, khususnya film fiksi ilmiah telah berhasil menjadi suatu kenyataan di kemudian hari. Dengan kata lain, beberapa film fiksi ilmiah tersebut berhasil meramalkan teknologi yang akan ada di masa depan. Berikut adalah teknologi yang ada di zaman sekarang yang telah diramalkan dalam film fiksi ilmiah dan terbukti benar adanya karena sudah berhasil diciptakan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

“ MAU LIHAT LIHAT KOLEKSI KAOS DISTRO KAMI “

7. Star Trek: The Next Generation - Komputer Touchscreen

Ketika film Star Trek: The Next Generation tayang perdana pada tahun 1987, sebagian besar orang saat itu masih menggunakan komputer jenis Commodore 64, dan banyak orang yang belum mengetahui apa itu internet. Saat itu terbilang cukup aneh ketika salah satu adegan di film Star Trek: The Next Generatiom terlihat seseorang mengendarai kapal luar angkasa dengan menggunakan komputer touchscreen.Namun pencipta dan penulis film Star Trek, Gene Roddenberry menggambarkan adegan di mana pemeran filmnya menggunakan komputer touchscreen secara baik dan benar seperti kebanyakaan orang saat ini.

Logikanya, saat itu teknologi tak secanggih sekarang, namun saat itu ia mampu memberi gambaran penggunaan komputer touchscreen dengan sangat baik. Benar-benar pemikiran yang melampaui zaman.

6. Minority Report - Target Iklan

Film Minority Report, film yang muncul pada tahun 2002 ini diperankan oleh aktor Tom Cruise, di adegan film tersebut Tom Cruise terus-menerus dibombardir dengan iklan yang ditujukan khusus untuk dirinya. Ini adalah contoh iklan bertarget yang sekarang menjadi tren dan telah berkembang dalam strategi pemasaran.

Namun, dalam film tersebut iklan bertarget tidak tertuju pada konsumen yang tepat. Saat ini, pengiklan hanya akan fokus untuk menawarkan orang tentang apa yang mereka inginkan berdasarkan perilaku konsumen mereka, seperti misalnya orang yang sering menggunakan internet maka iklan yang ditujukan memang khusus bagi mereka yang sering menggunakan internet.

5. 2001: A Space Odyssey - Komputer Tablet

Ada banyak gadget futuristik yang ditampilkan oleh sutradara film, Stanley Kubrick di film fiksi ilmiah 2001: A Space Odyssey. Tapi, kebanyakan dari gadget futuristik yang muncul di film ini belum terwujud, kecuali satu, astronot utama dalam film ini terlihat menggunakan komputer tablet saat melakukan pemeriksaan diagnostik pada pesawat ruang angkasa mereka.

Hal ini juga sangat menarik, karena faktanya, Stanley Kubrick sangat akurat memprediksi periode waktu ketika komputer tablet diciptakan dan mulai digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Perlu diketahui, bahwa IPad pertama muncul ke pasaran pada tahun 2010, sembilan tahun setelah setting 2001: A Space Odyssey. Dan tahukah Anda? Pencipta teknologi komputer tablet Apple adalah penggemar film ini. Mungkin inilah yang telah menginspirasinya ketika menciptakan komputer tablet.

4. Blade Runner - Skype

Karakter Rick Deckard yang ada di film Blade Runner, diperankan oleh aktor Harrison Ford, dalam salah satu adegan filmnya digambarkan sedang berbicara kepada seseorang dengan telepon video. Film ini menggunakan teknologi telepon video di beberapa adegan kunci antara Ford dan kekasihnya, Rachel, dimainkan oleh aktris Sean Young yang berperan sebagai Android.

Adegan berkomunikasi menggunakan telepon video tersebut terlihat sangat mirip dengan Skype. Dan sementara teknologi seperti ini adalah hal yang umum dilakukan banyak orang saat ini, tampaknya cara berkomunikasi seperti ini sudah diprediksi sekitar 35 tahun yang lalu.

Film ini juga secara akurat meramalkan bahwa orang-orang akan menjadi sangat berlebihan menggunakan teknologi dan hanya menggunakan teknologi untuk sekali pakai. Hal tersebut digambarkan dalam adegan film, bahwa Androids Replicant dalam film ini hanya ada untuk jangka waktu empat tahun, setelah itu tidak akan dapat berfungsi. Sebuah konsep yang menarik ketika Anda menyadari bahwa hal yang sama juga diterapkan oleh perusahaan Apple, perusahaan tersebut mencoba untuk membuat iPhone terlihat usang setiap 12 bulan, dan mengeluarkan produk terbaru setelahnya.

3. The Truman Show - Reality TV

Ketika The Truman Show yang dibintangi Jim Carrey dirilis pada tahun 1998, sepertinya cerita yang ada di film ini merupakan konsep konyol untuk dijadikan sebuah film dan diterapkan di kehidupan nyata. Sebuah acara televisi yang hanya menampilkan adegan tentang kehidupan sehari-hari seseorang. Siapa yang akan menonton pertunjukan seperti itu? Ternyata saat ini popularitas program reality televisi justru semakin meningkat. Saat itu, penonton sangat sulit menangkap konsep ketika penonton yang hanya akan terpaku pada kehidupan sehari-hari yang membosankan.

Namun sekarang, justru banyak orang yang rela menghabiskan waktu berjam-jam menonton televisi hanya untuk menyaksikan acara reality show di televisi. Tapi ada hal yang membedakan antara karakter yang dimainkan oleh Jim Carrey di The Truman Show dengan bintang reality show yang ada di televisi saat ini adalah, di film The Truman Show, Jim Carrey dikisahkan bahwa dia sendiri tidak tahu bahwa dirinya merupakan bagian dari acara yang ada di televisi dan ditonton banyak orang.

2. The Terminator - DRONE Militer

The Terminator, film yang dibuat tahun 1984 dan bertemakan tentang robot ini menawarkan penonton untuk melihat dunia ke masa depan, di mana saat itu pesawat sudah dikontrol oleh komputer. Adegan tersebut tampak terlalu mengada-ada untuk 30 tahun yang lalu, dan terkesan mustahil. Pasti banyak orang yang akan bertanya-tanya, “bagaimana bisa sebuah pesawat terbang dapat berfungsi tanpa adanya seorang pilot?”. Namun, hari ini ide tersebut tidak hanya masuk akal, itu adalah kenyataan berkat DRONE militer dan robot yang sekarang ini sudah banyak digunakan oleh militer di dunia.

1. Trek: The Original Series –Telepon Genggam / Komunikasi Nirkabel

Pencipta StarTrek pastilah mempunyai daya imajinasi yang tinggi, atau sebenarnya ia memang mampu meramlakan teknologi apa yang akan ada di masa depan. Hal ini terbukti karena hampir semua perangkat teknologi yang digunakan dalam adegan film ini terbukti dapat diciptkan di kemudian hari. Dalam satu adegan film ini ditampilkan perangkat teknologi yang menyerupai seperti ponsel flip. Tidak hanya itu saja, alat komunikator juga pernah digunakan dalam beberapa episode sebagai transponder untuk mengirim sinyal yang akan menentukan lokasi, seperti perangkat GPS yang ada saat ini.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: