TeknologiTahun 2016 telah usai, ada banyak sekali smartphone yang terlahir sepanjang tahun ini. Secara keseluruhan, tren smartphone tahun 2016 hadir dengan prosesor yang lebih cepat, keamanan sidik jari, kamera yang lebih baik dan baterai yang lebih besar.

Ya, perkembangan hardware dan sistem operasi mobile berkembang sangat pesat. Tapi, tentunya kita tetap butuh kejutan di tahun 2017.

Berikut adalah prediksi fitur dan teknologi smartphone yang bakal tren di tahun depan. Apa saja ya?

1. Smartphone Tanpa Bezel


Tahun depan kita bakal disuguhi smartphone tanpa bezel lebih banyak lagi. Dengan meniadakan bezel, artinya kita akan bisa menikmati layar yang lebih luas tanpa harus mengorbankan portabilitas.

Tentu saja, smartphone tanpa bezel itu keren! Kita sudah melihat betapa kerennya Samsung Galaxy S7 Edge dan juga Xiaomi Mi Mix dengan desain yang nyaris tanpa bezel.

Ya, kita akan tetap melihat layar yang lebih besar tahun depan. Tapi, dalam ukurannya yang sama.

2. Prosesor Makin Kencang


Snapdragon 835. Itu nama yang bakal kamu sering dengar tahun depan. Prosesor ini sudah diluncurkan belum lama ini dan bekerja sama dengan Samsung dengan desain 10nm.

Artinya smartphone flagship 2017 punya performa yang lebih kuat, tapi tetap efisien dan hemat baterai. Samsung sendiri juga sedang mengembangkan chipset 10nm anyarnya yakni Exynos 8895 untuk Galaxy S8.

3. RAM Lebih Besar


Snapdragon 820/821 berpadu RAM 4 GB/6 GB adalah pemandangan umum tahun ini. Tahun depan, mungkin saatnya Snapdragon 835 dan RAM 6 GB/8 GB.

Ya, RAM 8 GB. Mungkin kita akan bertanya-tanya, buat apa ya? Semoga saja sistem multitasking di Android bisa lebih bagus lagi ya, jadi kita bisa memaksimalkan hardware yang ada.

4. Jari atau Mata?


Jari atau mata adalah metode yang bakal sering kita gunakan untuk membuka kunci smartphone tahun depan. Samsung diharapkan menghadirkan fitur pemindai mata di Galaxy S8 yang sempat numpang lewat di Galaxy Note 7.

Sementara, sensor sidik jari semakin merakyat tahun depan. Karena hadir sebagai fitur wajib yang harus ada di smartphone murah sekalipun.

5. Pembayaran Mobile


Pembayaran mobile juga merupakan fitur yang bakal banyak kita jumpai. Google punya Android Pay dan beberapa vendor smartphone juga menawarkan pembayaran mobile dengan teknologi mereka sendiri seperti Samsung Pay dan Apple Pay.

Cukup menarik, mungkin tahun depan Indonesia bisa menerapkan teknologi pembayaran mobile. Semoga saja ya.

6. Lebih Fun dengan Dual Camera



Fitur Dual Camera sejatinya bukan fitur baru. Smartphone pertama dengan kamera ganda adalah HTC One M8. Huawei menggandeng Leica, menggebrak keunggulan dual camera untuk meningkatkan hasil foto.

Sementara, LG G5 dan V20 memilih untuk memberikan sudut pandang yang luas. Terus, ada juga Apple iPhone 7 Plus untuk foto bokeh yang lebih profesional.

7. Kamera Profesional


Teknologi kamera selalu mengalami peningkatan pada smartphone flagship setiap tahunnya. Kamera smartphone memang sangat dapat diandalkan.

Tapi, belum bisa mengalahkan sepenuhnya kamera profesional DSLR dan Mirrorles. Masih banyak fitur dan aksesori tambahan yang harus ditingkatkan tahun depan.

8. Virtual Reality


Tahun ini teknologi virtual reality ibarat bayi yang baru lahir dan baru bisa kita cicipi saja. Untungnya, banyak produsen teknologi yang serius mengembangkan teknologi VR.

Google punya Daydream, Samsung punya Gear VR, belum lagi Facebook dan Sony dengan PlayStation VR. Salah satu kendala tahun ini karena resolusi layar, 2K ternyata belum cukup.

Maka dari itu, smartphone flagship tahun depan mungkin akan dibekali dengan resolusi layar 4K untuk VR yang lebih baik. Meskipun, perlu menyiasati untuk performa dan baterainya itu sendiri.

9. USB Type-C dan Hilangnya Jack Audio 3.5mm


Kita tidak bisa menahan perkembangan teknologi. Mau tak mau USB Type-C akan menjadi standar tahun depan menggantu standar microUSB saat ini.

Sementara, jack audio 3.5 mm juga mungkin bakal mulai ditinggalkan oleh banyak produsen. Alasannya untuk membuat smartphone yang lebih tipis, tapi tetap dibekali dengan daya tahan baterai yang mumpuni.

10. Asisten Digital Berbasis Kecerdasan Buatan


Siri, Cortana, Google Now, tahun ini sudah cukup pintar. Namun, kemampuannya memang masih punya keterbatasan.

Tapi, Google Assistant telah unjuk gigi dan ke depannya asisten digital berbasis kecerdasan buatan akan menunjukkan kemampuannya tahun depan.

Itulah 10 Fitur dan Teknologi Pada Smartphone yang diprediksi bakal jadi tren tahun 2017 mendatang. Semoga saja ada kejutan lain, bagaimana dengan pendapat kamu?
Axact

Muhammad Rizky

Anaknya bapa Eko Santoso, paling rajin, sholat dan ngebantu orang tua..semoga berbakti pada Agama, Negara, Orang Tua Keluarganya .

Post A Comment:

0 comments: